Rabu, 20 Juni 2012

Undangan Menulis Serial "A Cup of Tea for Writer"

Posted by Stiletto Book On 19.45

UNDANGAN MENULIS SERIAL "A CUP OF TEA FOR WRITER"
Menulis adalah hobi, pekerjaan, kesenangan, atau malah terapi. Ada penulis yang mempertaruhkan segalanya demi menerbitkan sendiri buku yang ditulisnya. Ada penulis yang menulis demi memenuhi impian orangtuanya. Ada yang memulai karier menulisnya dari bawah lagi setelah mengalami sebuah “kecelakaan”. Ada juga penulis yang membiayai kuliahnya dengan uang hasil menulisnya.

Apapun alasan di baliknya, menulis tetaplah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih buat mereka yang memang ingin menjadikan penulis sebagai profesi. Stiletto Book sengaja mengangkat tema ini untuk serial A Cup of Tea yang ke-4. Terlebih karena kegiatan menulis sedang terdengar amat seksi dan menarik akhir-akhir ini.

Mari kita sharing tentang segala hal yang berkaitan dengan dunia tulis-menulis dan kepenulisan, baik itu tentang prestasi maupun kekecewaan kita di dunia kepenulisan ini. Yang terpenting, kita bisa berbagi semangat dan harapan kepada para pembaca. So, kami mengundang teman-teman untuk ikut bergabung dalam buku serial A Cup of Tea for Writer.
Buku A Cup of Tea for Writer berisi kumpulan kisah inspiratif tentang cita-cita, harapan, perjuangan, prestasi, kegagalan, atau apapun yang menarik untuk dibagi kepada pembaca berkaitan dengan dunia tulis-menulis. Banyak yang berhasil menggapainya, tapi tak jarang pula yang harus menelan pil pahit karena semua mimpi tinggal kenangan setelah kita berusaha mati-matian untuk meraihnya. Di luar semua itu, pasti ada hikmah yang bisa diambil, sebuah manfaat yang bisa dijadikan pelajaran bagi diri sendiri dan pembaca lainnya.
SYARAT UMUM:
  1. Usia bebas.
  2. Tulisan bisa berisi kisah nyata pribadi atau orang-orang terkenal yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia tulis-menulis.
  3. Tulisan harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jika nanti naskah lolos seleksi, kamu harus menyertakan surat pernyataan keaslian naskah.
  4. Jika kamu menuliskan kisah perjalanan penulis terkenal, di akhir cerita tuliskan nama lengkap si tokoh tersebut dan keterangan bahwa tulisan tersebut sudah mendapat izin dari orang yang bersangkutan.
  5. Tulisan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun (termasuk di dunia maya).
  6. Untuk memudahkan koordinasi, kontributor yang ingin mengirimkan naskah harus menjadi teman dari FB Stiletto Book (Stiletto Book) atau follower Twitter Stiletto Book (@Stiletto_Book).
 SYARAT KHUSUS:
  1. Naskah bisa menceritakan apa saja asalkan sesuai dengan tema Writer atau Penulis. Seperti: suka duka menjadi penulis, perjalanan meraih impian sebagai penulis, rasa pedih ketika naskahmu ditolak penerbit, kepuasan setelah meraih mimpi menjadi penulis, dll.
  2. Ingat, buku ini nanti tidak akan menjadi buku yang berisi tips atau saran, melainkan kumpulan kisah sejati yang mengandung hikmah bagi para pembaca.
  3. Naskah berupa tulisan nonfiksi populer (bukan makalah ilmiah) dengan gaya bercerita yang mengalir, ringan, dan mudah dicerna tapi tetap sesuai dengan EYD. Hindari pemakaian kata-kata yang menyinggung SARA, mengandung pornografi, bahasa kasar, dan bahasa alay.
  4. Panjang naskah 5-6 halaman kertas A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. Ketik dan simpan hanya dalam file Microsoft Word berformat (.doc).
  5. Naskah dikirim dalam bentuk attachment ke alamat e-mail: stiletto_acot@yahoo.com dan bukan ditulis di badan e-mail. Pada subjek, tuliskan: (ACOT-W) – Judul Naskah.
  6. Sertakan nama asli, nama FB, akun Twitter, dan biodata deskriptif sepanjang satu paragraf di akhir naskah.
  7. Jangan lupa, cantumkan judul tulisan dan nama penulis di awal tulisanmu (halaman pertama).
    CATATAN:

    • Akan dipilih 14 naskah terbaik yang dinilai paling unik, memotivasi, dan menginspirasi orang lain. Total ada 20 naskah dengan komposisi: 14 naskah kontributor + 2 naskah penyusun + 4 naskah penulis tamu.
    • Semua pertanyaan berkaitan dengan audisi ini, silakan ditanyakan dan didiskusikan di Grup “a cup of tea”(http://www.facebook.com/profile.php?id=100001989874813#!/home.php?sk=group_191188287597370&ap=1)
    • Naskah ditunggu hingga tanggal 9 Juli 2012 pukul 23.59 WIB.
    • Pengumuman kontributor yang masuk dalam serial ini akan di-posting di Notes FB Stiletto Book, dokumen grup “a cup of tea”, dan www.stilettobook.blogspot.com pada tanggal 16 Juli 2012, pukul 23.59 WIB.
    • Naskah yang terpilih akan diterbitkan oleh Penerbit Stiletto Book.
    • Kontributor tidak menerima royalti, melainkan honor dalam bentuk 6 (enam) eksemplar buku A Cup of Tea for Writer seharga kurang lebih Rp240.000 + suvenir cantik dari Stiletto Book.
      So, tunggu apa lagi? Tulis kisahmu yang paling menarik, tak terlupakan, dan memotivasi orang lain, lalu kirimkan sekarang juga.
      Oya,  A Cup of Tea for Writer ini adalah Seri #4 setelah Buku A Cup of Tea for Single Mom, A Cup of Tea for Complicated Relationship dan A Cup of Tea–Menggapai Mimpi sukses di pasaran. Mau tahu referensi untuk tulisan yang lolos audisi kemarin? Dapatkan serial A Cup of Tea seri sebelumnya di toko buku; Gramedia, Gunung Agung, Rumah Buku, Togamas, dll.
      (Penyusunan dan editing naskah dilakukan oleh Triani Retno A, Herlina P. Dewi, serta dibantu oleh Tim Stiletto Book).
      Kami tunggu, ya! 
      With Love, 
      Penerbit                       : Stiletto Book (@Stiletto Book)
      Penanggung Jawab     : Triani Retno A (@RetnoTeera) & Herlina P. Dewi (@HerlinaPDewi) 

      PLEASE FEEL FREE TO COPY-PASTE AND SHARE TO EVERYONE! 

9 komentar:

  1. banyak kompetisi menulis yang tidak memberikan imbalan semestinya kepada penulis padahal buku yang dihasilkan dari lomba menulis tersebut dijual secara bebas dan tidak disumbangkan secara gratis. Apakah ini bukan suatu wujud bahwa profesi penulis kurang dihargai? kurang dihargai bahkan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia menulis sendiri. Bukankah menulis itu membutuhkan energi, daya cipta dan kreativitas yang semestinya mendapatkan penghargaan yang pantas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya...:)

      Sebenarnya untuk audisi menulis “A Cup of Tea” ini, penulis sudah mendapatkan imbalan yang semestinya. Karena jika penulis mengirimkan naskahnya ke media, penulis pun akan mendapatkan honor kurang lebih 250rb (kategori: cerpen). Begitu juga di Stiletto, cuma bedanya, kami berikan dalam bentuk buku+souvenir.
      Selain itu, jika penulis yang lolos ingin membeli buku tambahan, kami berikan diskon sangat spesial, jadi penulis bisa mengambil keuntungan dari hasil penjualan bukunya.

      Keuntungan penulis jika karyanya dibukukan di “A Cup Of Tea” ini tentunya untuk menambah pengalaman, publikasi karya karena tulisannya akan dibaca oleh seluruh masyarakat Indonesia dan juga untuk membagi kisah sesama perempuan. Jadi memang bukan keuntungan secara material saja yang didapat, tapi juga imaterial tak kalah penting.

      Btw, untuk Stiletto sendiri, kami tidak mendapatkan keuntungan lebih dengan proyek “A Cup of Tea” ini, karena kami tetap memberikan royalti ke kedua penyusun buku ini, merekalah yang bertugas menyebarkan informasi, menyeleksi, dan kemudian mengedit naskah. Jadi kami pun memberikan royalti yang semestinya kepada kedua penyusun buku ini.

      Kami sangat mengapresiasi profesi penulis, karena kami pun hidup dari para penulis dan pembaca buku kami. Dan, jika memang penulis ingin menjadikan profesi ini untuk berkehidupan, rasanya tidak bisa dipungkiri kalau penulis memang harus menuliskan buku solo di mana penulis akan mendapatkan imbalan yang jauh lebih besar dalam bentuk royalti tersebut.

      Di Stiletto sendiri, kami berani bertaruh bahwa kami memberikan royalti yang lebih besar untuk penulis pemula. Kami sudah melakukan survei kecil-kecilan ke penerbit lain, berapa mereka memberikan royalti kepada penulis pemula, dan ternyata Stiletto memberikan royalti yang lebih besar jika dibandingkan penerbit lain..:)

      Demikian pendapat Stiletto...:)

      Hapus
  2. mohon maaf sebelumnya. jika kumpulan cerpeb, apakah bisa?terima kasih sebelumnya. ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk audisi menulis "A Cup of Tea for Writer" ini kan cuma naskah sepanjang 5-6 halaman,Say. Kalo kirim naskah yang reguler, bisa kumpulan cerpen. Cek aja ketentuan pengiriman naskahnya di sini: http://stilettobook.blogspot.com/search/label/Format%20Pengiriman%20Naskah

      Hapus
  3. Maaf, saya ingin bertanya. apakah kami boleh menggunakan nama penulis kita (mencantumkan nama penulis di halaman pertama, sehingga bila naskah nanti terpilih dan diterbitkan nama penulis itu yang akan tercantum di buku) dan baru menyertakan nama asli kami di biodata penulis, atau kami harus menggunakan nama asli kami? terim kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama pena kamsudnya? Iya boleh. Banyak kok yang pakai nama pena. Ditunggu naskahnya ya...

      Hapus
  4. Terima kasih atas info nya., sangat memotivasi sekali. Insya Allah saya akan mencoba mengirinkan karya saya.

    BalasHapus
  5. Kak, tolong mampir ke blog saya dong nabilajasmine.blogspot.com , byk cerita tentang kehidupanku sendiri , kalo emang meng inspirasi bisa aku kembangin . Makasih :)

    BalasHapus

Join Us on Twitter!

Join Us on Facebook

Kontak Kami

Nama

Email *

Pesan *